Monday, September 5, 2011

Nyeri Pinggang Bawah (Low Back Pain)

I. Apa Itu Nyeri Pinggang Bawah?
Nyeri di daerah pinggang berupa linu-pegal, berdenyut yang terjadi secara tiba-tiba pada saat aktivitas, memburuk pada saat bangun tidur atau beranjak dari tempat duduk, dengan atau tanpa disertai penjalaran rasa nyeri ke salah satu atau kedua tungkai bawah dan terkadang disertai rasa kesemutan dan baal. Sering ditemukan pada usia-usia dewasa.

II. Apa Penyebabnya?
Berbagai faktor dan struktur yang terdapat pada daerah pinggang dapat menimbulkan gangguan tersebut, antara lain radang otot, jaringan ikat, dan sendi tulang belakang, HNP (tonjolan bantalan tulang belakang), dsb. Semua diatas tentunya dicetuskan oleh faktor seperti olahraga berlebihan, kegemukanan, mengangkat beban berat dengan posisi yang salah, trauma, usia dan genetic. Posisi aktifvitas sehari-hari juga dapat menyebabkan beban berlebihan pada tulang belakang dan jaringan sekitarnya.
Selain itu, permasalahan pada lambung, infeksi kandung kermih, organ kewanitaan dan saluran cerna bawah juga dapat menyebabkan nyeri pada pinggang.

III. Cara Penanganan Nyeri?
Apabila nyeri pinggang timbul secara tiba-tiba, segeralah istirahat berbaring terlentang dan lutut diganjal dengan bantal, atau kaki dinaikan diatas kursi. Posisi ini akan mengurangi tekanan pada pinggang anda.
Istirahat seperti ini sangat dianjurkan tetapi jangan melebihi 2 hari karena istirahat yang terlalu lama akan memperlemah otot sehingga memperlambat penyembuhan. Berjalanlah selama beberapa menit setiap jamnya untuk memperkuat otot pinggang dan minum obat bebas penahan nyeri dan radang seperti Aspirin, Parasetamol, dan Ibuprofen (dosis sesuaikan yang dianjurkan).
Untuk membantu mengurangi nyeri, kompres dingin maupun dipijat. Kompres bantal hangat selama 20-30 menit dapat merelaksasi otot.

IV. Kapan Harus ke Dokter?
- Nyeri menjalar kebawah kaki dibawa lipat lutut
- Kaki, telapak kaki, kelamin, dan daerah anus terasa kebas
- Timbul demam, mual-muntah, nyeri perut, dan rasa lemah dan banyak berkeringat
- Tidak dapat aktifitas sehari-hari
- Nyeri yang disebabkan oleh trauma, kecelakaan, benturan
- Nyeri yang sangat hebat sehingga tidak dapat bergerak
- Nyeri yang tidak membaik setelah 2-3 minggu

V. Apa Terapi Nyeri Pinggang?
Terdapat beberapa pilihan terapi untuk Nyeri Pinggang Bawah, antara lain dengan obat-obatan, fisioterapi, akupuntur dan sebagai pilihan terakhir adalah operasi.

VI. Peran Akupuntur?
Akupuntur telah terbukti secara klinis dapat mengurangi nyeri pinggang. Selain itu, bila dilakukan dengan baik dan teratur dapat membantu memperbaiki sirkulasi sekitar sendi sehingga memudahkan perbaikan yang terjadi selama proses penyembuhan.
Karena secara TCM (Traditional Chinese Medicine) nyeri pinggang berhubungan erat dengan kekuatan energy (Qi) pada organ Ginjal (unsur air), maka dalam penanganannya, Akupuntur juga dapat membantu meningkatkan kekuatan pinggang dan vitalitas.




VII. Bagaimana Pencegahannya?
Yang terutama adalah kesadaran bahwa pinggang merupakan salah satu bagian utama penyangga berat tubuh kita. Struktur yang terdiri dari tulang belakang, otot, dan jaringan ikat yang sangat kuat tentu dengan sendirinya dapat membantu menjaga kestabilan tubuh. Namun apabila terjadi beban yang berlebihan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja dapat menimbulkan kerusakan jaringan-jaringan tersebut dan nyeri tidak dapat terhindarkan.
Utamakan dalam menjaga berat badan ideal, berolah raga secara teratur, menghindari sepatu berhak tinggi, menjaga posisi duduk dan tidur yang benar, menghindari duduk terlalu lama, dan rajin mengkonsumsi makanan/supplemen bergizi untuk tulang.

No comments:

Post a Comment