Tuesday, September 20, 2011

Apa itu Diabetes Mellitus/ Kencing Manis?

· Apa itu Diabetes Mellitus ?

Nama penyakit yang terdiri dari kumpulan gejala-gejala yang disebabkan oleh tingginya kadar gula didalam pembuluh darah, hasil dari kurangnya jumlah hormon insulin dalam darah. Istilah lain yang sering didengar adalah “Kencing Manis”.

· Apa Penyebabnya?

Yang tersering adalah pola hidup yang tidak teratur dan pola makan yang salah, terutama  banyak mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi. Juga terdapat tipe-tipe lain yang disebabkan oleh kelainan genetik, akibat obat-obatan, dan akibat kehamilan.


 
· Apa Tanda dan Gejalanya?

Sebagai acuan utama— terasa sering haus, lapar, banyak buang air kecil, penurunan berat badan secara pesat dan mudah lelah. Tanda-tanda lain berupa mata kabur, tangan-kaki kesemutan, baal/mati rasa pada kaki, luka yang sulit sembuh, gatal-gatal pada seluruh tubuh dan gangguan fungsi seksual.
Kadar gula darah yang terus tinggi dapat menggangu fungsi darah dan pembuluh darah yang mengenai seluruh organ tubuh sampai menimbulkan komplikasi pada ginjal, jantung, mata, dsb.

· Apakah Dapat Disembuhkan?

Karena proses penyakit dapat berjalan sangat lambat, maka tanda dan gejala yang timbul seringnya sudah merupakan komplikasi dari penyakit ini. Kata “Sembuh” itu tergantung apabila kita dapat menjaga kadar gula darah kita dalam batas normal, tentunya dengan menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Lakukan olahraga teratur seminggu minimal 3x selama minimal 30 menit antara lain jalan cepat, jogging, berenang, dan senam lainnya. Hindari alkohol, merokok, dan stress yang berlebihan. Beberapa senam seperti Yoga dan Tai Chi yang berirama lambat sangatlah cocok bagi mereka yang memasuki usia diatas 50 tahun. Pola makan sehat berarti mengatur masukan kalori sesuai dengan aktivitas kita.

· Bagaimana Dengan Pengobatannya?

Yang terutama adalah kerjasama dari sang Pasien dalam menjalankan pola hidup sehat dan makan yang benar. Selain itu terdapat beberapa terapi alternatif yang dapat membantu tubuh kita untuk menjaga kadar gulanya seperti Akupuntur TCM, senam Chi-Kung, dan sebagainya. Obat-obatan selalu diterapkan sesegera mungkin apabila usaha merubah pola hidup dan modul terapi diatas tidak memperoleh hasil yang diinginkan. Apabila terdapat komplikasinya maka sangat ditekankan proses pencegahannya dan melakukan pemeriksakan kadar gula secara teratur terutama yang berusia diatas 45 tahun, sesuai dengan saran dan petunjuk dari dokter.


 
INGAT!

· Menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang benar akan mengecilkan kemungkinan penyakit ini, terutama bila ada anggota keluarga yang menderita Diabetes Mellitus.
· Konsumsi obat yang diberikan Dokter dan lakukan pemeriksaan gula darah secara teratur agar terhindar dari komplikasi-komplikasi.


 

No comments:

Post a Comment