Tuesday, September 20, 2011

Glukosamine & Osteoarthritis (Radang Sendi)

· Apa itu Glukosamine ?

Glukosamine adalah komponen alamiah didalam tulang rawan sendi, yang membantali sendi-sendi tulang kita (seperti pada sendi panggul dan lutut). Ketika bantalan sendi ini mulai menipis, maka tulang yang dihubungkan sendi ini akan saling menggesek pada saat digunakan dan dapat menimbulkan radang sendi yang disebut Osteoartritis.

Glukosamine dapat diberikan sebagai suplementasi yang akan membantu mengurangi keluhan pada Osteoartritis seperti nyeri dan kaku sendi, yang akan memperbaiki gerakan sendi terutama pada sendi lutut. Anda dapat mendapatkan Glukosamine ini pada toko-toko kesehatan sekitar anda



· Apakah aman ?

Keamanan suplemen ini telah mendapatkan persetujuan dari berbagai Negara. Walaupun khasiatnya telah diuji namun hasil yang diperoleh masih sangat beragam pada pemakainya. Telah beredar berbagai macam merk suplementasi yang berisikan bahan ini. Sebaiknya anda selalu membaca label yang ada untuk mengetahui keamanan produk tersebut. Belum diketahui keamanan peggunaan pada ibu hamil.

 · Apakah ada efek sampingnya ?
Efek samping dari Gliukosamine umumnya ringan (misalnya sakit perut, nyeri ulu hati, diare). Karena Glukosamine dibuat dari bahan-bahan kulit kerang, perlu diperhatikan oleh yang alergi terhadap daging kerang. Apabila anda menderita asma dan alergi terhadap bahan diatas maka akan memperburuk keluhan anda. Bicarakan kepada dokter anda apabila terdapat gejala efek sampingnya.

· Apakah dapat digunakan setiap orang ?

Bicarakan kepada dokter anda sebelum mengkonsumsi Glukosamine, terutama bila anda menderita penyakit lain (termasuk menggunakan herbal, dan vitamin). Anda harus beritahukan apabila anda sering mengkonsumsi alcohol, kopi, merokok, atau obat-obat lainnya karena dapat mempengaruhi kerja Glukosamine pada tubuh anda.

· Bagaimana cara menggunakannya?

Glukosamine diminum pada umumnya 3 kali sehari sebesar 500 mg per kalinya. Apabila tidak mendapatkan efek sampingnya, maka setidaknya Glukosamine ini digunakan selama 60 hari sebelum anda memutuskan ada atau tidaknya efek terapi terhadap anda.

No comments:

Post a Comment