Monday, September 5, 2011

Mengatasi Shoulder Osteoarthritis (Nyeri Bahu)

I. Apakah itu Shoulder Osteoarthritis?
Shoulder Osteoarthritis adalah suatu penyakit yang menyebabkan penipisan pada lapisan bantalan diantara tulang-tulang sendi bahu. Ini dapat membuat bahu terasa nyeri dan kaku, serta terasa susah untuk digerakkan. Penyakit ini merupakan tipe radang sendi yang paling umum, dan juga disebut sebagai Penyakit Sendi Degeneratif.


II. Bagaimana saya dapat memberitahukan kepada Dokter apabila saya menderitai-nya?
Ada banyak hal yang menyebabkan nyeri bahu, seperti masalah tendon, otot pegal, ataupun radang sendi. Dokter akan menanyakan apabila nyeri lebih terasa pada saat aktivitas dan membaik pada saat istirahat. Ia akan memeriksa apabila ada kesulitan dalam menggerakkan lengan anda. Ketika Dokter menekan sendi bahu, ada kemungkinan terasa sedikit linu. Dokter juga bisa meminta anda untuk melakukan x-ray pada bahu anda hingga dapat melihat penyebab dari nyeri tersebut.

III. Apakah cara untuk mengobati?
Dokter bisa meminta anda meng-istirahatkan bahu anda, atau dikompres dingin. Terapi fisik maupun gerakan olah raga dapat membantu. Dokter dapat meresepkan obat anti-nyeri seperti Parasetamol atau Ibuprofen. Apabila masih terasa nyeri, Dokter dapat memberikan obat suntikan pada bahu anda. Jika cara-cara di atas tetap tidak membantu, maka ada kemungkinan diperlukan tindakkan bedah. Jenis bedah tergantung pada usia anda dan parahnya penyakit.

IV. Apa yang bisa saya harapkan?Bahu anda akan terasa lebih baik dengan gerakan olah raga yang benar, obat-obatan anti-nyeri, maupun bedah. Akan tetapi, gejala-gejala yang terasa dapat hilang timbul dengan perjalanan waktu.

Informasi lebih lanjut Dokter anda:

No comments:

Post a Comment